Apa Itu Performa Gojek?

Apa Itu Performa Gojek?

Mulai pertengahan Agustus 2016 lalu Gojek menerapkan adanya menu performa Gojek dalam aplikasi driver Gojek. Menu performa ini bertujuan untuk mengukur kinerja dari driver Gojek dalam melayani pelanggan Gojek terutama dalam hal penerimaan order.

Bisa dikatakan bahwa performa Gojek ini lebih ditujukan untuk melihat kinerja penerimaan order mengingat dua komponen tersebut yang sangat dominan dalam naik turunnya performa Gojek. 


Jika anda seorang driver Gojek tentunya anda sangat tahu arti dari nilai performa Gojek yang bisa naik turun sesuai tingkat penerimaan order tersebut dan tahu bagaimana sulitnya menjaga performa Gojek agar tetap stabil dan bahkan kalau bisa terus naik. 

performa gojek, formula performa gojek, rumus performa gojek, batas performa gojek



Apa Itu Acceptance Rate ?
Dalam perhitungan performa Gojek ada faktor acceptance rate (tingkat penerimaan order) yaitu tingkat penerimaan terhadap order yang masuk kepada setiap driver. Acceptance rate ini menunjukan perbandingan antara order yang masuk dan order yang diterima (di OK-kan) oleh seorang driver.

Misalnya saja dalam satu hari ada 10 order yang masuk dan dari 10 order tersebut ternyata 6 order anda terima (ok-kan), maka tingkat penerimaan anda adalah (6/10 )x100% = 60%.

Jadi semakin banyak order yang anda terima, maka acceptance rate anda akan semakin mendekati 100% nantinya.

Perlu diingat bahwa dalam acceptance rate ini istilah order yang diterima adalah order yang anda ok-kan walaupun nanti dalam selanjutnya bisa jadi terjadi cancel di tengah jalan, maka hitungan order yang anda terima tetap sudah dihitung.

Contohnya adalah saat ada satu order yang masuk dan kemudian anda ok-kan dan kemudian saat anda mulai jalan ternyata motor anda mogok sehingga akhirnya terjadi cancel, maka hal ini sudah masuk dalam terima order tapi belum sampai menyelesaikan order.


Apa Itu Completion Rate ? Setelah anda mengetahui acceptance rate, maka selanjutnya kita akan melihat apakah itu completion rate (tingkat penyelesaian order). 


Dalam completion rate hitungan akan bertambah jika anda sudah benar-benar menyelesaikan order (sudah mengantar order sampai tujuan dan selesai).

Jadi completion rate ini menyatakan perbandingan antara order yang anda selesaikan dibandingkan dengan order yang anda dapatkan dari sistem Gojek.

Untuk lebih memperjelas perbedaan acceptance rate dan completion rate ini, dibawah akan disajikan satu contoh perhitungan yang membedakan antara acceptance rate dan completion rate.

Misal dalam satu hari ada 10 order yang masuk dalam aplikasi driver Gojek anda. Dari 10 order yang masuk ternyata hanya 6 order saja yang anda terima. Dan dari 6 order yang anda terima ternyata hanya 4 order saja yang bisa anda selesaikan artinya ada 2 order yang sudah anda terima tapi kemudian cancel karena suatu alasana tertentu.

Dari kasus diatas maka :

  • Acceptance rate-nya adalah ((6/10)x100%) = 60%
  • Completion rate-nya adalah ((4/10)x100%) = 40%
Dari perhitungan diatas, anda sudah dapat mengetahui perbedaannya bukan?


Apakah Performa Gojek Hanya Menggunakan Faktor Tingkat Penerimaan Saja?
Setelah mengetahui acceptance rate dan completion rate diatas, maka yang perlu dicek adalah apakah performa Gojek yang digunakan sekarang adalah murni hanya menggunakan faktor penilaian tersebut?

performa gojek, formula performa gojek, rumus performa gojek, batas performa gojek


Jika iya, maka sebenarnya anda dapat memperkirakan sendiri nilai performa Gojek anda dan untuk kemudian anda bandingkan angkanya dengan perhitungan dari aplikasi Gojek.

Tapi jika ternyata hasilnya berbeda maka dalam rumus performa Gojek tersebut ada faktor-faktor lain yang ikut mempengaruhi performa Gojek anda.


Mengingat nilai performa Gojek ini sangat berkaitan erat dengan bonus harian anda, maka sebaiknya anda jaga nilainya dengan menerima order yang masuk dan jika memang tidak bisa anda selesaikan (mungkin jarak yang terlalu jauh atau hal lain), maka anda dapat me-cancel atau meminta pelanggan me-cancelnya dengan terlebih dahulu anda menjelaskan alasannya kepada pelanggan.





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Itu Performa Gojek?"

Posting Komentar